Tag

, , ,

Karena kemarin sempat nonton film yang lokasi syutingnya di London, saya jadi kangen sama british food. Selain fish and chips masih banyak makanan lain yang menjadi klangenan saya semasa tinggal di sana, terutama makanan dari kantin kampus yang tiba – tiba mengisi benak saya. Akhirnya di akhir pekan kemarin saya memutuskan untuk mengenang sajian dari negaranya Mr. Bean ini sebagai pengisi perut.

Cottage Pie adalah hidangan yang saya pilih. Biasanya, cottage pie dibuat dari sisa hidangan daging lainnya seperti roast beef. Sisa roast beef ini dipotong / dicincang diberi kentang tumbuk dan kemudian dipanggang. Hidangan ini tercatat sudah ada sejak abad ke-17; saat itu hasil pertanian yang cukup murah adalah kentang dan dengan memanfaatkan sisa hidangan lain maka tercipta makanan yang terjangkau bagi kalangan petani (Cottage adalah istilah untuk rumah orang desa).

Jangan rancu antara cottage pie dengan shepperd’s pie. Kalau cottage pie selalu dibuat dari daging sapi sementara shepperd’s pie dibuat dengan daging domba / kambing, kendatipun wujudnya nyaris serupa.

Untuk membuat kentang tumbuk saya masih memiliki tepung kentang instan, jadi tidak perlu repot mengukus kentang, mengupas, lalu menghaluskannya. Dengan tepung ini maka hanya perlu menambahkan air panas, susu, dan mentega serta bumbu lainnya dan voila! terhidang puree kentang yang lezat..

Tepung Kentang buatan Pfanni (Unilever Group)

Tepung Kentang buatan Pfanni (Unilever Group) ; cukup praktis hanya tinggal menambahkan susu; air panas; mentega; dan bumbu untuk menciptakan kentang tumbuk (mashed potato / potato puree)

Namun bagi yang kesulitan untuk menemukan produk di atas saya akan berikan resep mashed potato dalam tulisan ini.

Bahan – bahan :

  • 1.75 kg daging sapi giling dengan kualitas bagus
  • 3 buah bawang bombay
  • 7 siung bawang putih
  • 1/2 botol Saus Worcestershire (Lea & Perrins) yang ukuran kecil – kurang lebih antara 50 – 75 ml.
  • 3 – 4 sdm saus tomat
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 1 sdt thyme – dried
  • 1 sdt parsley – dried
  • 3 lembar bay leaves
  • 1 sdt yellow mustard seeds (remukkan dengan ulekan; jangan terlalu halus) – saya belinya di sini karena yellow mustard agak susah dibeli di supermarket.
  • Lada hitam & garam sesuai selera
  • 500 ml kaldu sapi
  • 3-4 sdm butter untuk menumis bawang ; saya memakai merk Elle & Vire
  • 3 sdm butter ditambah 3 sdm tepung terigu diaduk sampai rata hingga menjadi pasta untuk mengentalkan.
  • Keju Cheddar untuk taburan
Bumbu - bumbu

Bumbu – bumbu yang digunakan

Cara membuat :

  1. Iris bawang bombay ; dan cincang bawang putih.
  2. Nyalakan oven dengan suhu 180 derajat celcius
  3. Panaskan butter kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih dalam panci sampai kecoklatan dengan api besar.
  4. Masukkan daging giling, masak sampai daging berwarna kecoklatan dan ada sedikit bekas gosong.
  5. Tambahkan Worcestershire Sauce; saus tomat; parsley; thyme; kayu manis bubuk, dan yellow mustard seeds. Kemudian aduk hingga merata.
  6. Masukan kaldu daging sapi; tutup panci lalu kecilkan api dan biarkan panas tetapi tidak mendidih (simmering) selama 2 jam. Apabila dirasa terlalu kering tambahkan kaldu lagi sedikit demi sedikit selama proses simmering.
  7. Tambahkan pasta mentega dan tepung untuk mengentalkan. Tambahkan lada hitam dan garam sesuai selera.
  8. Dalam sebuah pinggan tahan panas, letakkan saus daging ini di bagian bawah, kemudian tutup dengan kentang tumbuk.
  9. Taburi bagian atasnya dengan keju cheddar sesuai selera, dan panggang dalam oven selama 40 menit dengan suhu 180 derajat Celcius atau sampai bagian atas sudah kuning kecoklatan.
Menumis bawang

Menumis bawang bombay dan bawang putih sampai kecoklatan

Membumbui

Hmmm…. Worcestershire Sauce

mmmm.....

Cottage Pie ready to nom nom….

Dipotong

Beginilah rupa Cottage Pie saat dipotong… Saya menambahkan tumisan campuran wortel, kacang polong, dan jagung (bisa dibeli dalam keadaan beku di supermarket) diantara lapisan daging dan kentang tumbuk

Iklan