Tag

, , , , , , ,

Bagi penggemar si kucing gendut Garfield tentu pernah mendengar makanan yang namanya lasagna. Hidangan pasta dari Italia ini memang merupakan kegemaran Garfield sehingga John harus pandai pandai menyembunyikan lasagna miliknya agar tidak ikut diganyang oleh kucing yang berwarna oranye dengan belang hitam di punggungnya.

Lasagna merupakan hidangan utama yang terdiri atas pasta, saus bolognese, dan saus besciamella. Lasagna adalah sejenis pasta berbentuk segi empat yang terbuat dari tepung gandum yang diaduk bersama telur, minyak zaitun, dan air. Sekarang sudah tersedia Lasagna dalam bentuk kering yang tinggal direbus sebelum digunakan dan ada pula yang instan yaitu tinggal ditata di dalam pinggan dan dioven tanpa direbus terlebih dahulu.

Saus daging yang digunakan untuk membuat lasagna adalah ragù alla bolognese atau Bolognese Sauce dalam bahasa Inggris. Saus berwarna merah tua yang sangat terkenal ini berasal dari kota Bologna dan sejatinya saus ini tidak pernah dimakan bersama dengan spaghetti. Jadi spaghetti bolognese yang sangat mendunia itu justru lahir di Amerika Serikat, yang dipopulerkan oleh imigran asal Italia yang hidup di sana. Saus bolognese justru aslinya dihidangkan bersama fetuccini. Saus Bolognese yang asli menggunakan pancetta alias daging babi asap dan kali ini saya mengganti pancetta dengan menggunakan beef bacon alias daging sapi asap.

Prime quality beef bacon

Prime quality beef bacon

Berikut adalah cara membuat ragù alla bolognese yang saya peroleh dari Accademia Italiana della Cucina.

Bahan – bahan :

  1. 250 gram daging sapi asap (beef bacon bukan smoked beef)
  2. 1 kg daging sapi giling kualitas baik
  3. 1 kg wortel yang dipotong dadu kecil
  4. 2 bh bawang bombay dicincang halus
  5. 1 1/2 kaleng Pasta Tomat
  6. 1 kaleng Tomat cincang
  7. 1 cangkir Red Wine
  8. 1 cangkir susu cair
  9. 1 cangkir kaldu daging (bila daging sudah cukup berair maka tidak perlu ditambahkan kaldu daging ini)
  10. 3-4 sdt Oregano kering
  11. 1 sdt marjoram
  12. 1 sdm gula pasir
  13. garam secukupnya
  14. lada hitam secukupnya
  15. 50 ml minyak zaitun ditambah 50 gr mentega untuk menumis

Wine, Pasta Tomat, dan Tomat Cincang

Cara membuat

1. Panaskan minyak zaitun dan mentega sampai cukup panas, kemudian tumis bawang bombay yang sudah dicincang halus sampai berwarna kecoklatan. Aduk terus jangan sampai gosong. Tambahkan beef bacon dan masak sampai harum dan beef bacon mulai mengering.

2. Masukkan daging cincang, aduk – aduk sampai daging berubah warna kemudian masukkan potongan wortel.

3. Tambahkan anggur merah (red wine) dan biarkan sebentar sampai meresap kemudian tambahkan tomat pasta dan tomat potong kalengan. Aduk sampai rata.

4. Setelah air agak kering, masukkan susu dan aduk rata. Kecilkan api dan biarkan (simmer) sampai air berkurang sambil di aduk – aduk. Hati hati jaga jangan sampai gosong.

5. Bumbui dengan oregano, marjoram, dan gula. Tambahkan garam dan lada hitam sesuai selera. Angkat dari api.

Saus Bolognese ini bisa dihidangkan dengan Fetuccini atau Tagliatelle bila Anda tidak sedang ingin membuat Lasagna.

Komponen kedua dari Lasagna adalah Saus Besciamella. Besciamella (atau Bechamel dalam bahasa Perancis) yaitu saus putih yang terbuat dari tepung terigu, mentega, susu, dan dibumbui dengan pala. Saus yang simpel ini sangat lezat bila dihidangkan bersama daging.

Bahan – bahannya adalah sebagai berikut :

  1. 1,5 liter susu cair full cream panaskan bersama 2 lembar bay leaves
  2. 4-5 sdm tepung terigu
  3. 3-4 sdm mentega
  4. lada putih bubuk secukupnya
  5. garam secukupnya
  6. pala bubuk secukupnya

Cara membuatnya yaitu :

1. Buat roux pirang dengan cara memanaskan mentega sampai meleleh dan segera setelah busanya mulai menghilang masukkan tepung terigu dan aduk rata sampai tekstur terigu berbulir seperti pasir dan warnanya kekuningan. Jangan sampai gosong karena akan merusak rasa dan warna dari Saus Besciamella yang akan dibuat.

Membuat roux pirang

2. Masukkan susu yang sudah dipanaskan bersama bay leaves, aduk rata sampai teksturnya mengental seperti krim.

3. Bumbui dengan lada, garam, dan pala sesuai selera.

Saus ini akan menjadi semakin kental bila dingin dan apabila terlalu kental dapat dicairkan kembali dengan menggunakan susu dan apabila terlalu cair dapat dikentalkan dengan menggunakan tepung terigu dicampur mentega dengan perbandingan 1:1.

Nah, sekarang setelah kita memiliki Saus Bolognese dan Saus Besciamella, maka sekarang saatnya untuk membuat lasagna kita.

Bahan – Bahan yang dibutuhkan untuk membuat 1 loyang lasagna ukuran sedang adalah sebagai berikut :

  1. 1/2 resep Saus Bolognese
  2. 1/2 resep Saus Besciamella
  3. 230 gram Lasagna kering
  4. 200 gram keju Mozarella parut
  5. 100 gram keju Parmesan parut

Cara membuat :

1. Rebus lasagna dalam air mendidih yang diberi sedikit minyak goreng dan garam (Bila menggunakan lasagna instan, maka tidak perlu direbus dulu)

2. Bagi saus Bolognese, saus Besciamella, dan keju Parmesan menjadi 3 bagian

3. Atur 1/3 bagian saus bolognese dalam pinggan tahan panas, kemudian taburi dengan 1/3 bagian keju parmesan. Lalu atur Lasagna diatasnya sampai rata menutup saus bolognese dan kejunya. Siram dengan 1/3 bagian saus besciamella dan ratakan.

4. Ulangi step 3 di atas sampai semua bagian habis. Pada bagian yang paling atas taburi dengan keju Mozarella sampai rata.

Lasagna siap dipanggang

5. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sampai 180 derajat Celcius dan panggang selama 20-30 menit sampai berwarna kuning kecoklatan.

Lasagna…. om nom nom nom…

Iklan