Karena saya memiliki putih telur sisa dari pembuatan Crème brûlée maka saya putuskan untuk membuat cake dari putih telur tersebut, dan vanilla beans yang saya beli pun masih cukup banyak untuk membuat fairy cake ini.

Fairy Cake adalah istilah British English untuk Cup cake. Resep ini menggunakan real vanilla bean sehingga rasanya sangat enak dan harumnya berbeda dari resep – resep yang menggunakan vanilla extract atau essence. Bila tidak tahan dengan bau amis telur maka dapat pula ditambahkan parutan kulit jeruk (orange zest) atau parutan kulit lemon (lemon zest).

Resep di bawah ini menghasilkan sekitar 12 cupcakes

Bahan – bahan :

  1. 170 gr mentega / butter
  2. 1 cups gula pasir halus (castor sugar)
  3. 6 putih telur
  4. 1 sdt pengemulsi (misalnya SP atau TBM)
  5. Sedikit garam halus
  6. 3-4 vanilla beans
  7. 2 cups tepung terigu untuk cake (protein sedang, misalnya cap Segitiga Biru)
  8. 1 cup susu full cream cair
  9. 2 sdt Baking Powder (lebih baik yg double acting, misalnya cap Hercules)

Cara membuat :

1. Panaskan oven sampai mencapai 180 derajat Celcius

2. Ayak tepung terigu bersama baking powder, sisihkan

3. Kocok mentega, gula pasir halus, dan pengemulsi sampai putih dan mengembang kira – kira 3 – 5 menit dengan menggunakan mixer elektrik dengan kecepatan tinggi.

4. Buka vanilla beans dengan menyayat sisinya dengan pisau kecil yang tajam, korek isinya kemudian masukkan ke dalam adonan mentega.

5. Sedikit demi sedikit masukkan putih telur dan susu cair sampai rata dengan kecepatan aduk yang sedang.

6. Bila sudah merata, sedikit demi sedikit masukkan tepung terigunya yang sudah diayak bersama baking powder. Apabila terigu sudah mencapai 2 cups dan adonan masih kelihatan terlalu encer, maka tambahkan 1 – 2 sdm tepung terigu lagi.

7. Alasi loyang muffin dengan mangkuk kertas untuk cup cake (resep ini menghasilkan kurang lebih 12 cup cake), bagi adonan dengan merata ke dalam mangkuk cup cake tersebut.

8. Panggang di dalam oven selama 25 – 30 menit sampai permukaannya kuning keemasan. Kemudian dinginkan di atas rak.

 

Iklan